Contoh Laporan Pengembangan Diri untuk KKG dan K3S Terbaru

Merupakan file Sekolah kita yang bisa digunakan untuk melengkapi semua keperluan administrasi di sekolah yang mana filenya berhubungan dengan : Administrasi, Download, Guru, K3S, KKG bisa juga diedit dan disesuaikan dengan keperluan administrasi sekolah, Untuk lebih jelasnya silahkan disimak Ulasan dan referensi tentang file Contoh Laporan Pengembangan Diri untuk KKG dan K3S Terbaru dibawah ini:

Contoh Laporan Pengembangan Diri untuk KKG dan K3S Terbaru - Dalam Pelaksanaan kegiatan KKG maupun K3S haruslah membuat laporan agar bisa dimasukan dalam Dupak PAK Lampiran 1 sebagai salah satu Kewajiban bagi bapak ibu guru yang melampirkan sertifikat. pada kesempatan ini kami akan memaparkan contoh Laporan Pengembangan Diri untuk KKG dan K3S, Hasil KKG dan K3S , Materi KKG dan K3S serta Proposal KKG.

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Pelaksanaan Peraturan Menteri Negara Pendayaan Aparatur Negara dan Repormasi Birokrasi Nomor : 16 Tahun 2009, yang mulai berlaku 1 Januari 2013. Program ini dengan berfokus pada nilai tambah reformasi guru yang digagas pemerintah, dengan memperkuat hubungan antara proses sertifikasi dan pemberian tunjangan profesi untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran (PMP) dalam percepatan proses pembelajaran siswa. Kondisi pendidikan di Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan secara umum masih perlu pembenahan. Mulai dari kualitas kelulusan siswa dan bahkan nilai rata-rata kelulusan pada tingkat Sekolah Dasar masih jauh dari harapan, kualifikasi guru masih ada yang belum Strata Satu (S.1) sehingga kualitas pembelajaran juga masih perlu peningkatan, masih tingginya kesenjangan kualitas pendidikan di kota dan di desa, serta peran serta masyarakat akan pentingnya pendidikan juga masih sangat minim. Karena itu Peningkatan Mutu Pembelajaran dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dilakukan secara simultan terhadap berbagai pihak yang berkompeten secara langsung, yaitu pengawas, kepala sekolah dan guru. Peningkatan Mutu Pembelajaran pada komponen-komponen tersebut pada ujungnya berimplikasi terhadap peningkatan kualitas lulusan siswa sebagai outputnya. Pada tataran implementasinya kegiatan Peningkatan Mutu Pembelajaran tersebut haruslah memenuhi standar-standar mutu yang telah ditetapkan.

Di dalam Buku 4 Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, halaman 31 disebutkan bahwa Kegiatan KKG dan MGMP merupakan kegiatan wajib semua guru pada setiap jenjang jabatan sebagaimana telah diatur dalam Rambu-rambu Penyelenggaraan KKG/MGMP. Dalam 1 tahun, guru diwajibkan mengikuti kegiatan KKG/MGMP paling sedikit 12 kali pertemuan (dapat berarti dalam setiap bulan ada 1 kali pertemuan) dalam beberapa paket kegiatan. Setiap 1 paket kegiatan paling sedikit memerlukan 3 kali pertemuan.

Untuk itu Kelompok Kerja Kepala Sekolah Unit Pelaksana Teknis Pendidikan Kecamatan Toroh yang merupakan salah satu Kelompok Kerja Kepala Sekolah yang berada di Kabupaten Grobogan turut berbenah untuk mencapai tujuan program tersebut dengan Peningkatan Mutu Pembelajaran.

B. Tujuan 

Tujuan Umum dari hasil Kelompok Kerja Kepala Sekolah adalah sebagai Pedoman untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan di sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.
Tujuan Khusus Kelompok Kerja Kepala Sekolah, adalah :
  1. Memfasilitasi Kepala Sekolah dan Guru untuk mencapai standar komptensi profesi yang telah ditentukan.
  2. Memfasilitasi Kepala Sekolah dan Guru untuk terus memutakhirkan kompetensi yang mereka miliki sekarang dengan apa yang menjadi tuntutan ke depan berkaitan dengan profesinya.
  3. Memotivasi guru-guru untuk memilikim komitmen melaksanakaan tugas pokok dan fungsinya sebagai tenaga professional.
  4. Mengangkat citra, harkat dan martabat profesi guru, rasa hormat dan kebanggaankepada penyandang profesi guru.
C. Manfaat
Manfaat yang diharapkan dari kegiatan pengembangan diri ini adalah :
  1. Bagi Siswa Siswa memperoleh jaminan kepastian mendapatkan pelayanan dan pengalaman belajar yang efektif untuk meningkatkan potensi diri secara optimal melalui penguasaan iImu pengetahuan dan teknologi serta memiliki jati diri sebagai pribadi luhur sesuai nilai keluruhan bangsa.
  2. Bagi Guru  Pengembangan Diri memberikan jaminan kepada guru menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta kepribadian yang kuat sesuai dengan profesinya yang bermartabat, sehingga mampu menghadapi perubahan internal dan eksternal dalam kehidupan abad 21 selama karirnya.
  3. Bagi Sekolah/Madrasah  Pengembangan Diri memberikan jaminan terwujudnya sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kompetensi, motivasi, dedikasi, loyalitas, dan komitmen pengabdian guru dalam memberikan layanan pendidikan yang berkualitas kepada siswa.
  4. Bagi Orang Tua/Masyarakat  Pengembangan Diri memberikan jaminan bagi orang tua dan masyarakat bahwa sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya masing‐masing anak mereka di sekolah memperoleh bimbingan dari guru-guru yang mampu bekerja secara profesional dan penuh tanggung jawab dalam mewujudkan kegiatan pembelajaran efektif, efisien sesuai dengan kebutuhan masyarakat lokal, nasional dan global.
  5. Bagi Pemerintah Dengan kegiatan Pengembangan Diri, pemerintah mampu memetakan kualitas layanan pendidikan sebagai upaya pembinaan, pengembangan, dan peningkatan kinerja guru serta pembiayaannya dalam rangka meningkatkan kualitas antar sekolah sejenis dan setingkat.
BAB II
LAPORAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI 

A. Tujuan dan Alasan Mengikuti Kelompok Kerja Kepala Sekolah

1. Tujuan Mengikuti Kelompok Kerja

Kelompok Kerja Kepala Sekolah Unit Pelaksana Tenik Dinas Pendidikan Kecamatan Toroh Kabupeten Grobogan, adapun tujuan pemberdayaan Kepala Sekolah dalam Kelompok Kerja Kepala Sekolah adalah sebagai berikut:
  • Meningkatkan kompetensi Kepala Sekolah.
  • Memecahkan masalah-masalah yang hadapi Kepala Sekolah di tempat tugas dan dalam pembelajaran di dalam kelas;
  • Meningkatkan kemampuan anggota Kepala Sekolah untuk melakukan
  • Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS)
  • Meningkatkan kemampuan ICT anggota Kelompok Kerja Kepala Sekolah;
  • Memberikan pengakuan pengalaman kerja dan hasil belajar dengan memberikan Surat Keterangan kepada anggota Kelompok Kerja Kepala Sekolah yang telah mengikuti kegiatan.
2.Alasan Mengikuti Kelompok Kerja Kepala Sekolah

Agar nantinya tidak akan menemui kesulitan dalam menyusun bukti fisik untuk usul Penilaian Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Contoh Laporan Pengembangan Diri untuk KKG dan K3S Terbaru



Untuk Lebih Jelasnya Tentang Contoh Laporan Pengembangan Diri untuk KKG dan K3S Terbaru Silkan Download Pada Tautan Link Dibawah Ini :
Demikian Contoh Laporan Pengembangan Diri untuk KKG dan K3S Terbaru yang bisa kami bagikan Bila dalam penulisan kurang pas kami mohon maaf.


Semoga dengan adanya file-file Tentang yang Admin bagikan/Share di atas bisa membantu dan memenuhi Semua Kebutuhan Administrasi Bapak/Ibu Guru, Operator Sekolah dan TU di Sekolahnya masing-masing untuk peningkatan mutu pendidikan dalam menghadapi era globlisasi dan modernisasi dimasa sekarang.

Author:

Tiada kata terlambat untuk belajar , maju terus pendidikan di negeri kita tercinta " Indonesia " .